Jumat, 17 Desember 2010

Penipu Penjual Barang Elektronik

Akhir-akhir ini penipuan berkedok penjual barang elektronik mulai marak di facebook. Barang elektronik yang dijual seperti Ponsel (handphone), Notebook (laptop) dan Kamera digital. Barang yang dijualnya pun bukan dari harga jenis yang murahan, melainkan high end misalnya dari jenis ponsel (handphone), yang dijual adalah blackberry, iPhone 3G, Nokia X6 dan lain-lain. Dari jenis Laptop biasanya cuma ada 3 merek yang dia jual seperti Sony Vaio, Toshiba, dan Acer, sedangkan dari jenis Kamera digital kebanyakan dari jenis SLR/DSLR. Barang tersebut mereka jual dengan harga yang sangat tidak masuk akal, karena sangat murah, harganya bisa setengah dari sesungguhnya.

Penipu ini seperti sudah terkoordinir, dengan kata lain pelakunya adalah orang yang sama. Mereka terkadang meng-hack alias mengambil alih account orang lain di facebook dan menjadikannya lapak penjualan, sasaran account yang dihack tentunya orang yang sudah memiliki teman facebook yang banyak. Sumber lain mengatakan bahwa mereka ini juga siap membeli account yang sudah memiliki teman facebook minimal 2000 orang untuk dijadikan tempat menjual.

Meskipun sudah banyak account yang dijadikan lapak penjualan yang ternyata adalah penipu, namun tidak terlalu sulit untuk mendeteksi mereka. Berikut ini mungkin sebagai ciri-ciri dari penipu tersebut:
1.  harga barang tidak wajar, karena terlalu murah
2. Tidak mau menggunakan rekening bersama
3. Barang elektronik yang dijual biasanya cuma barang high end

Apa yang mereka lakukan tentu sangat merugikan, baik itu dari orang yang telah kena tipu juga merugikan penjual lain yang bukan penipu karena akibat ulah mereka, orang jadi mulai takut untuk melakukan transaksi online karena khawatir kena tipu.

Tulisan ini bermaksud untuk mengingatkan teman-teman semua agar lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi dengan mereka, jangan sampai kena tipu. Dan kalau memang sudah jelas kalau mereka itu adalah penipu, ada baiknya kita laporkan account mereka agar diblokir supaya tidak merugikan teman yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger